Search This Blog

Sunday, May 3, 2015

Transisi

Transisi
Significant Life Series
By Ps. Edwin Yahya

Masa transisi adalah masa yang tidak disukai karena masa transisi adalah
Sebelum kita bertobat dan mengenal Tuhan, kitalah yg menjadi raja atas kehidupan kita. Kita yg mengatur khdupan dan masa depan kita sendiri.
Ketika kita bertobat, kita hrs membongkar kerjaan kita sendiri dan menyerahkan kedaulatan kehidupan kita kepada Kristus.
Hal ini tidak terjadi dalam semalam dan dengan sendirinya. Butuh waktu dan masa transisi bagaimana kita bisa menyerahkan ego kita yg selama ini kita sudah terbiasa utk melakukan kehendak kita sendiri dan menyerahkan kedaulatan khidupan kita kepada Tuhan.
Matius 6:33  TB Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Seringkali kita salah kaprah. Kita lebih fokus untuk menambah aktivitas2 dan kesibukan rohani. Kita pikir dengan kita melakukan itu, kita akan mendapatkan semua yg Tuhan janjikan pada kita.
Lihat ayat ini dlm versi trjemahan sehari2:
USAHAKANLAH DAHULU spy Allah mmerintah atas hdpmu dan LAKUKANLAH KEHENDAKNYA maka semua yg lain akan diberikan Allah kepadaMu
Cari ruang dan waktu yg trbaik dlm hidupmu untuk Kristus menjadi raja dalam hidupmu

Lalu apa yg akan kita dapatkan?
Matius 6:31-32
31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
Makan, minum, pakai --> bicara soal kebutuhan
32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.
BAPA tau bhw kita memerlukan semuanya itu

Knp msh byk org Kristen yg kuatir dan takut akan kebutuhannya?
Karena ia blm menjadikan Kristus sebagai raja dalam hidupnya.

Lalu bagaimana caranya Kristus memerintah atas hidup kita? Apa ukurannya bhw kerajaan surga ada dlm hidup kita?
Yoh 1:1
1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Pada mulanya adalah FIRMAN yg adalah PERKATAAN
Renungkan dan lakukan firman Tuhan. Ketika melakukan ini, kita memberikan ruang dan waktu kita kpd Tuhan. Semakin kita memberikan area hidup kita dikuasai oleh kebenaran firman Nya.

Pertobatan bknlah ttg keselamatan semata, tp hasrat Tuhan bisa memerintah di dlm dan lewat hidup kita.Pertobatan bukan hanya fokus pd perubahan dlm hdp kita, lebih dari itu Tuhan ingin memakai hidup kita utk jd representatif kerajaan surga dlm dunia ini.
Tidak mudah memang. Itu sebabnya Tuhan memberikan kasih karunia. Byk org Kristen yg menyalahgunakan kasih karunia. Kasih karunia bkn membuat kita bebas dr tanggung jawab kita. Kasih karunia itu mendidik, utk membuat kita bisa melakukan yg lebih dari sebelumnya.

Titus 2:11-12
11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
"Ia"-->KASIH KARUNIA - mendidik kita
Dlm bhs asli nya "padeo" -->menghajar
Arti kata menghajar: Memaksa apa yg sdh diajar utk dilakukan
Utk melakukan kehendak dan firman Tuhan dlm hidup kita, kita hrs disiplin dan memaksa diri kita utk memyukai firman dan melakukannya dlm hidup kita.
Semakin kita mau menjadi pelaku firman, semakin kasih karunia akan diberikan melimpah atas hidup kita.

Kita adalah duta kerjaan Allah. Jika kita tdk menyerahkan hidup kita dan berjalan dlm kehendak kita sendiri, bagaimana kita bisa menjadi duta kerajaan Allah?
Jangan sampai kita menjadi org2 yg datang di hari2 terakhir dan menyatakan seberapa byk yg sudah kita lakukan utk Tuhan, tp Tuhan bilang bhw Tuhan tdk mengenal org itu dan mengusir dia dan mnybut dia pembuat kejahatan.

No comments:

Post a Comment