Search This Blog

Sunday, May 3, 2015

Trust

Trust
New Hope Series
Ps. Chandra

Why bad things happened to good people? Seringkali org Kristen sulit utk melihat apa rencana dan tujuan Tuhan mereka mengalami hal tsb.

Apa yg terjadi kita sudah melakukan kebaikan Tuhan dlm hdp kita, tp kita tdk melihat tanda2 janji Tuhan. Apa yg akan kita lakukan? Apakah kita akan ttp berharap kpd Tuhan? 2Raja-Raja 6:33

Org Israel pd saat keluar dr Mesir diberi rahu bhw mereka akan mendapatkan tanah Kanaan yg berlimpah2 susu dan madunya. Namun mereka malah berputar2 selama 40 tahun di padang gurun.

Kel 14:10-12, Kel 16:3, Kel 17:3
Org Israel complaint krn mrk tdk bs melihat dan mengerti jalan dan rencana Tuhan.
Tuhan kasi tau rahasianya. Apa sebenernya tujuan Tuhan?
Ulangan 8:2
Tuhan ingin tau apa yg ada dalam hati kita. Respon apa yg keluar dari hati kita?
Saat kita ada dlm keadaan senang dan baik, kita tdk akan mengetahui apa yg sebenarnya ada dlm hati kita. Saat kita ada dalam tekanan dan masalah, mengalami sesuatu yg tdk enak, kita akan mengeluarkan apa yg sebenarnya ada dlm hati kita, karakter kita yg sesungguhnya.
Ilustrasi: jeruk, kita tdk bs menilai apakah jeruk tsb rasanya manis atau tidak, kecuali kita memeras jeruk tsb dan merasakannya.

Masalah membuat hidup kita berubah dan jika kita pny respon yg baik, kita akan bertumbuh dan berbuah lebat.
Ulangan 8:16
Semuanya hanya utk berbuat baik pd kita akhirnya.
Sukar melihat kesetiaan dalam keadaan yg baik.
Masa kesukaran = masa ujian
Yoh 11:6 Tuhan SENGAJA membiarkan Lazarus meninggal spy org lain dpt melihat kemuliaanNya

2 Kor 12:9
Kelemahan kita membuat kuasa Tuhan nyata atas dan lewat hidup kita.
Ada mujizat dlm sebuah respon yg benar.
Ex: mujizat kisah Yesus yg memberi makan 5rb org
Ex: Janda di Sarfat 1 Raja-Raja 17:15

Responi dgn sikap yg benar bahkan di saat masa2 sukar. Tetaplah bersyukur sekalipun tdk ada alasan utk bersyukur. Tetaplah berikan yg terbaik sekalipun kita membutuhkan nya. Keadaan jgn mengubah sikap hatimu. Biarlah apa yg kita keluarkan, apapun situasinya, adalah respon yg benar. Krn dlm Tuhan, masa kesusahan adalah masa kelimpahan.
Ex: janda yg memberi persembahan dr seluruh yg dia punya, memberi dr kekurangannya.

5 hal yg mrupakan tujuan Tuhan dr smua masalah yg Dia izinkan terjadi:
1. Elevation
Setia dlm hal kecil sebelum Tuhan promosikan utk mengalami hal2 besar yg luar biasa dlm hdp kita. Lwt masalah, Tuhan sdg mempersiapkan kita dan membentuk hati kita utk hal2 yg besar. Ulangan 8:11
2. Devotion
Ulangan 8:5 Lewat masalah, Tuhan ingin spy kita terus melekat dan tetap bergantung sama Tuhan.
3. Manifestation
Ulangan 8:4 Masalah menyatakan pemeliharaanNya dlm hdp kita. Tuhan ingin menujukkan kuasa, kemuliaan, dan kedaulatan Tuhan dlm kelemahan kita
4. Declaration
Ulangan 8:18 Saat kita keluar dr masalah krn penyertaan dan kebaikan Tuhan, blm selesai sampai sini. Tuhan ingin kita memberitakan kesaksian ini utk kemuliaan Tuhan dlm hdp kita.
5. Salvation
Masalah dlm hdp kita bertujuan utk membawa keselamatan bagi org lain. Responi dgn benar, sehingga org lain bs melihat pekerjaan Tuhan dan kesaksian hidup kita hingga mrk mengenal Tuhan.
Daniel 6:26

No comments:

Post a Comment